menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Terms & Condition
Did you know ?

Yuk Ketahui Manfaat Bermain Puzzle dan Rekomendasinya!

Puzzle adalah mainan yang sudah terkenal sejak dahulu. Puzzle sendiri adalah mainan yang terdiri dari beberapa potongan-potongan kecil yang terpisah, yang kemudian dimainkan dengan cara disusun atau disatukan hingga membentuk sebuah gambar yang telah ditetapkan.

Mainan yang satu ini cocok untuk dimainkan berbagai kalangan usia, karena memiliki bentuk dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. 

Mainan puzzle ini juga terkenal sebagai salah satu mainan edukasi anak, karena dapat memberikan beberapa manfaat. Apa sajakah manfaat bermain puzzle ini? Mari simak pembahasannya berikut ini ya.

1. Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi Anak

Manfaat bermain puzzle yang pertama adalah dapat melatih daya ingat dan konsentrasi anak. Selama proses menyatukan berbagai potongan gambar hingga menjadi suatu gambar yang sesuai, anak-anak akan berlatih mengingat pola-pola potongan gambar yang dibutuhkan. Hal tersebutlah yang dapat melatih daya ingat pada anak-anak. 

Kemudian ketika memainkan puzzle, anak-anak cenderung akan duduk dengan diam dan tenang, karena bermain puzzle membutuhkan konsentrasi serta perhatian penuh. Pada awalnya anak-anak mungkin hanya bisa berkonsentrasi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, namun lama-kelamaan, mereka akan terbiasa untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang.

Karena kedua hal tersebutlah, bermain puzzle memiliki manfaat dapat melatih daya ingat dan konsentrasi pada yang menjadikanna salah satu mainan edukasi anak yang baik.

2. Melatih Kemampuan Motorik Anak

Puzzle merupakan mainan yang sangat baik dalam melatih kemampuan motorik anak-anak, khususnya motorik halus mereka.

Ketika bermain puzzle, anak-anak akan secara aktif melatih otot-otot jari mereka melalui berbagai macam aktivitas bermain puzzle, mulai dari mengambil potongan gambar, membalikan potongan gambar, sampai menyusun potongan-potongan gambar tersebut.

3. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan Anak

Manfaat bermain puzzle yang selanjutnya adalah dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak-anak. Saat bermain puzzle, anak-anak akan dilatih untuk menghubungkan apa yang mereka lihat melalui mata, kemudian merespon dengan menggunakan tangan untuk mencari bentuk yang sesuai dan menyusunnya.

Saat bermain puzzle, anak-anak akan memilih bentuk, gambar, warna yang tepat sesuai dengan apa yang mereka pikirkan pada setiap potongan gambar yang tersedia, kemudian otak akan memberikan instruksi pada tangan untuk memilih dan menyusun potongan gambar tersebut.

Proses tersebut mungkin terdengar sederhana, namun ternyata dapat memberikan pengaruh besar pada anak-anak.

Melalui latihan koordinasi mata dan tangan ini juga, akan membantu anak-anak untuk belajar menulis, menggambar, dan mewarnai yang sangat penting ketika mereka memasuki usia sekolah.

4. Belajar Memecahkan Masalah

Problem solving adalah salah satu kemampuan yang sangat penting bagi masa depan anak-anak. Salah satu manfaat bermain puzzle adalah dapat melatih mereka dalam memecahkan masalah atau melatih kemampuan problem solving mereka.

Bagaimana hal tersebut dapat dilakukan?

Ketika anak-anak bermain puzzle, secara tidak langsung anak-anak akan berlatih memecahkan masalah dengan menentukan potongan gambar yang sesuai dan mereka butuhkan.

Agar kemampuan memecahkan masalah ini dapat dilatih dengan maksimal, maka sebaiknya Yupiers memberikan puzzle yang sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak. Jangan sampai puzzle yang diberikan terlalu sulit untuk mereka dan membuat anak-anak frustasi ya. Sebaliknya, puzzle yang terlalu mudah tentunya tidak akan efektif untuk melatih anak-anak dalam memecahkan masalah.

5. Melatih Kemampuan Visual Anak

Saat bermain puzzle, anak-anak secara tidak langsung juga akan melatih kemampuan visual mereka. 

Hal tersebut karena ketika bermain puzzle anak-anak akan didorong untuk lebih cermat dalam memilih potongan gambar yang tepat, memeriksanya secara sistematis dan seksama, mulai dari atas ke bawah, dan kiri ke kanan.

Proses tersebutlah yang akan dapat melatih kemampuan visual anak-anak.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Percaya atau tidak, dengan bermain puzzle akan melatih dan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Hal tersebut karena ketika bermain puzzle, anak-anak akan berlatih secara mandiri, termasuk salah satunya strategi untuk menyelesaikan puzzle mereka.

Ketika anak-anak sudah berhasil menyelesaikan puzzle, anak-anak akan merasa puas terhadap apa yang telah mereka lakukan, dan pencapaian inilah yang dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak.

7. Melatih Keterampilan Sosial

Manfaat bermain puzzle yang terakhir adalah dapat melatih keterampilan sosial anak-anak. Hal tersebut karena puzzle juga dapat dimainkan bersama dengan teman-teman sebaya anak-anak atau orang lain. Bermain puzzle dengan orang lain inilah yang dapat melatih keterampilan sosial anak-anak.

Selain itu juga bermain puzzle bersama-sama dengan orang lain dapat melatih anak-anak untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain.

Dengan bermain puzzle bersama orang lain, anak-anak akan berlatih untuk menyampaikan dan menerima ide serta pendapat satu sama lain.

Rekomendasi Mainan Puzzle Terbaik

Nah, setelah mengetahui informasi terkait manfaat bermain puzzle untuk anak, berikut Yumin berikan rekomendasi mainan puzzle yang cocok untuk anak:

  • Wooden Puzzle Alphabet

Rekomendasi mainan puzzle yang pertama adalah Wooden Puzzle Alphabet. Sesuai dengan namanya, puzzle ini adalah puzzle dengan bentuk alphabetic, atau huruf-huruf dari a sampai z disertai dengan angka dari 0 sampai 9.

Puzzle ini bisa menjadi media belajar huruf dan angka yang menyenangkan untuk anak-anak, terutama bagi anak-anak yang akan memasuki usia sekolah.

  • Puzzle Karton Edukasi

Rekomendasi mainan puzzle yang kedua adalah Puzzle Karton Edukasi, puzzle yang umumnya biasa kita lihat. Namun, agar lebih menarik perhatian anak-anak, puzzle ini menggunakan gambar berbagai tokoh karakter favorit anak-anak, mulai dari karakter dan film Marvel, Transformer, dan masih banyak lagi.

Harga Puzzle Karton Edukasi juga sangat terjangkau, sehingga bisa dimainkan siapa saja.

  • Puzzle dari Yupi Surprise!
    Yupi Surprise Semua Hadiah

Rekomendasi mainan puzzle yang terakhir dari Yupi kali ini adalah puzzle dari Yupi Surprise. Apa itu Yupi Surprise? Yupi Surprise adalah kejutan berupa mainan dari Yupi yang terdapat di dalam berbagi produk camilan dari Yupi.

Ada berbagai kejutan mainan di dalam Yupi Surprise ini, mulai dari tazos, stiker 2D dan 3D, dan termasuk salah satunya adalah puzzle yang menarik untuk dimainkan.

Buruan kumpulkan semua mainan kerennya! Setiap beli Yupi, ada kejutan seru menanti. #YupiSurprise

Itulah beberapa informasi tentang manfaat bermain puzzle dari Yupi kali ini. Dari informasi tersebut, Yupiers pastinya setuju bahwa puzzle adalah salah satu mainan anak yang memiliki berbagai macam manfaat.

Namun perlu Yupiers ketahui, bahwa Yupi juga punya berbagai rekomendasi mainan lainnya, seperti mainan dinosaurus dan masih banyak lagi yang mana semua mainan tersebut juga cocok untuk dijadikan kado anak-anak pada acara ulang tahun mereka.

Semoga informasi tentang manfaat bermain puzzle dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya!

Home Our Story Events Games Profile