menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Asal Usul Cerita Malin Kundang Lengkap: Kisah Anak Durhaka!

Cerita rakyat Malin Kundang merupakan salah satu dongeng populer yang berasal dari Padang, Sumatra Barat yang sering diceritakan dalam masyarakat Indonesia. Kisah ini mengisahkan seorang anak yang durhaka kepada ibunya, yang kemudian dikutuk menjadi batu. 

Pantai Air Manis, yang terletak di Sumatra Barat, dikenal sebagai lokasi dari legenda Malin Kundang. Diapit oleh Pulau Pisang Besar dan Pulau Pisang Kecil, pantai ini tidak hanya menjadi tempat yang indah tetapi juga situs bersejarah karena dianggap sebagai tempat Malin Kundang berubah menjadi batu. 

Relief batu yang menggambarkan Malin dan pecahan kapalnya, karya seniman Dasril Bayras dan Ibenzani Usman, telah menjadi objek wisata yang menarik sejak tahun 1980-an.

Kisah ini telah diadaptasi ke dalam berbagai bentuk seni lainnya. Mulai dari drama panggung oleh Wisran Hadi pada tahun 1978, sinetron pada tahun 2005-2006, sebuah online game oleh IAIN Surakarta yang dirilis pada tahun 2016, hingga sebuah musikal oleh Indonesia Kaya pada tahun 2020. Semua adaptasi ini menunjukkan betapa dalamnya pengaruh kisah ini dalam budaya Indonesia.

Karakter utama cerita, Malin Kundang, awalnya digambarkan sebagai anak yang patuh dan menghormati ibunya, Ibu Mande Rubayah, yang dikenal sebagai wanita yang penyabar dan keras bekerja. Namun, seiring berjalannya waktu, Malin berubah menjadi sombong dan durhaka setelah meraih kesuksesan. Cerita berfokus pada karakter Malin Kundang dan hubungannya dengan Ibu Mande Rubayah, yang akhirnya mengutuknya menjadi batu sebagai balasan atas ketidaktaatannya.

Seperti apa cerita lengkap dari Malin Kundang ini? Simak pemaparan ceritanya dari Yupi kali ini ya!

Awal Mula Nama Malin Kundang

Dahulu kala, disebuah desa nelayan, lebih tepatnya di Air Manis, Sumatra Barat, hiduplah seorang anak laki-laki yang bernama Malin bersama dengan ibunya yang bernama Mande Rubayah. Sang ayah telah lama pergi dan meninggalkan mereka berdua hidup hanya berdua saja.

Malin tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pemberani, meskipun sedikit nakal, Malin sering mengejar ayam dan memukul mereka dengan sapu. Lalu suatu hari, ketika sedang mengejar ayam, Malin terjatuh, tangannya terbentur batu, dan hal ini membuat tangannya terluka dan meninggalkan sebuah bekas luka.

Selain itu juga, oleh sang ibu, Malin sering “dikundang-kundang” atau dibawa kemana saja, oleh karena itu, Malin mendapatkan panggilan baru yaitu Malin Kundang.

Malin Kundang Beranjak Dewasa

Malin Kundang dan sang ibu Mande Rubayah hidup serba kekurangan. Setelah mulai beranjak dewasa, Malin Kundang berpikir untuk mencari keberuntungan dengan pergi ke negeri seberang dengan harapan nantinya bisa kembali ke kampung halaman dengan menjadi seorang saudagar kaya raya.

Tekad Malin Kundang semakin kuat karena tertarik dengan ajakan seorang nakhoda kapal dagang yang dulunya miskin, namun kini sudah menjadi kaya raya. Tekad Malin Kundang semakin kuat, Malin Kundang pun menceritakan niatnya kepada sang ibu, namun pada awalnya sang ibu tidak mengizinkannya untuk pergi.

Keputusan Mande Rubayah tersebut bukan tanpa alasan, hal tersebut karena dirinya takut Malin Kundang akan menjadi seperti ayahnya yang telah pergi dan tidak pernah kembali lagi ke kampung halamannya dan meninggalkan Mande Rubayah.

Namun karena kegigihan Malin Kundang yang terus meminta kepada ibunya, Mande Rubayah kemudian mengizinkan Malin Kundang.

Mande Rubayah juga berpesan kepada Malin Kundang anaknya, “Anakku, jika engkau sudah berhasil dan menjadi orang yang hidup berkucupan, jangan lupa dengan ibumu dan kampung halamanmu ini nak” pesan Mande Rubayah, sang ibu kepada anaknya, Malin Kundang.

Malin Kundang Berangkat Merantau dan Sukses

Meski dengan berat hati, Mande Rubayah akhirnya mengizinkan anaknya, Malin Kundang, untuk pergi berlayar dan meninggalkan ibunya Mande Rubayah sendirian di desa tersebut.

Setelah mendapatkan izin dari ibunya, Malin Kundang pun berangkat berlayar. Keberadaan Malin Kundang juga sangat disukai di kapal tersebut lantaran dirinya sangat rajin dan selalu siap menolong serta seorang pekerja keras.

Ketika sedang berlayar, ternyata terjadi sebuah kejadian buruk menimpa kapal yang ditumpangi Malin Kundang sehingga ia terdampar di sebuah pantai. Warga desa di pantai tersebut menyambut dan membantu Malin Kundang untuk tinggal dan bekerja di sana. 

Malin Kundang adalah pribadi yang sangat rajin, dia mengolah tanah desa dengan subur dan membuatnya dirinya menjadi pria yang sukses. Kesuksesan Malin Kundang juga bisa dilihat ketika dirinya memiliki 100 orang pekerja dan sejumlah kapal dagang miliknya sendiri.

Setelah berhasil menjadi orang sukses, Malin Kundang kemudian menikahi seorang putri cantik yang merupakan anak dari seorang saudagar kaya raya.

Sementara itu, sang ibu Mande Rubayah tidak pernah mendapatkan kabar dari anaknya selepas kepergiannya. Selama bertahun-tahun, Mande Rubayah selalu memandangi lautan sambil berdoa agar mendapatkan kabar dari tentang anaknya. 

Selain itu juga, setiap kali ada kapal besar tiba di desa tersebut, Mande Rubayah selalu bertanya kepada nahkoda kapal tersebut tentang anaknya, namun dirinya tidak pernah mendapatkan kabar tentang Malin Kundang.

Malin Kundang Kembali ke Kampung Halamannya

Seiring berjalannya waktu, suatu ketika Malin Kundang bersama sang istri dan beberapa orang anak buah kapal berlayar menggunakan kapal besar mereka. Setelah berlayar, tanpa disadari kapal mereka berlabuh di suatu pulau yang merupakan kampung halaman Malin Kundang.

Melihat ada kapal besar yang berlabuh, banyak warga desa yang menghampiri dan berkumpul di tepi pantai karena ingin menyambut kapal yang dikira dimiliki seorang sultan atau pangeran itu.

Dari kejauhan, terlihat sepasang pemuda dan pemudi yang berada di anjungan kapal tersebut. Setibanya kapal tersebut berlabuh di pulau yang merupakan kampung halaman Malin, Mande Rubayah yang menyadari pemuda tersebut adalah Malin Kundang segera berlari ke kapal tersebut.

Setelah berhasil melihat putranya dari dekat, Mande Rubayah semakin yakin bahwa pemuda tersebut adalah Malin Kundang ketika melihat bekas luka di lengan pemuda itu dan seketika itu juga dia memeluknya. 

Mande Rubayah kemudian berkata, “Malin Kundang, anakku, mengapa kau pergi begitu lama tanpa mengirimkan kabar?” kata Mande Rubayah sambil memeluk Malin Kundang.

Namun ternyata, Malin Kundang malah segera melepaskan pelukan tersebut dan mendorong ibunya hingga terjatuh sambil berkata “Wanita tidak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku”

Malin Kundang berpura-pura tidak mengenal ibunya, karena malu melihat ibunya yang sudah tua dan hanya memakai baju yang compang-camping.

Istri Malin Kundang juga terkejut melihat seorang wanita tua berpakaian compang-camping memeluk suaminya sambil mengatakan dirinya adalah ibu Malin Kundang. Hal tersebut karena selama ini Malin Kundang mengatakan bahwa kedua orang tuanya adalah bangsawan dan sudah lama meninggal.

“Wanita itu ibumu?,” tanya istri Malin Kundang kepada Malin Kundang. “Tidak, dia hanya seorang pengemis yang pura-pura mengaku sebagai ibuku agar mendapatkan hartaku,” sahut Malin Kundang.

Malin Kundang tidak mengakui Mande Rubayah sebagai ibunya dan mengatakan bahwa ibunya tidak seperti Mande Rubayah yang kotor dan miskin. Setelah kejadian itu, Malin Kundang memerintahkan istri dan anak buahnya untuk bergegas segera kembali ke kapal dan bersiap untuk kembali berlayar.

Malin Kundang Dikutuk Menjadi Batu

Akibat didorong oleh Malin Kundang, sang ibu Mande Rubayah yang sudah tua renta terkapar di pasir pantai sambil menangis dan sakit hati hingga pingsan. Setelah dirinya sadar, dia hanya tertinggal seorang diri di pantai dan para warga desa yang tadinya berkumpul sudah meninggalkannya.

Mande Rubayah juga melihat dari kejauhan kapal Malin Kundang bersama istri dan anak buahnya sudah pergi berlayar jauh dari pantai. 

Sambil menangis Mande Rubayah berlutut dan berdoa mengangkat tangannya untuk berdoa kepada Tuhan. Mande Rubayah berdoa jika pemuda tersebut bukanlah Malin Kundang, maka dirinya akan memaafkannya, namun jika pemuda tersebut adalah Malin Kundang, maka dirinya ingin mengutuknya menjadi batu.

Setelah Mande Rubayah berdoa, seketika langit diatas kapal Malin Kundang dan rombongannya yang tadinya cerah berubah menjadi gelap. Hujan juga turun dengan deras disertai dengan badai. Kapal Malin Kundang dan rombongannya pun hancur berkeping-keping karena tersambar petir.

Setelah kapal tersebut hancur, keesokan harinya puing-puing kapal tersapu ombak, dan diantara puing-puing tersebut terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti seorang manusia yang menunduk bersimpuh. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa batu tersebut adalah tubuh Malin Kundang.

Pesan Moral Apa yang Bisa Diambil dari Cerita Malin Kundang?

Kisah dongeng Malin Kundang sarat makna moral yang dapat dipetik sebagai pelajaran hidup. Kita diingatkan untuk selalu menghormati orang tua, menjunjung tinggi asal-usul, dan menjauhi kesombongan. Berbakti kepada orang tua dan bertindak bijak dalam hidup adalah kunci untuk menghindari karma. Kejujuran, rasa syukur, dan sikap memaafkan juga menjadi nilai penting yang perlu ditanamkan dalam diri. Ingatlah, setiap perbuatan memiliki konsekuensi, dan hiduplah dengan penuh tanggung jawab.

Cerita Malin Kundang ini juga bisa menjadi materi yang sangat baik untuk pendidikan karakter anak-anak dan menjadi cerita pengantar tidur yang mengajarkan mereka tentang nilai-nilai kehidupan yang penting.

Apakah Kisah Malin Kundang Diambil dari Kisah Nyata?

Meskipun cerita legenda Malin Kundang masih jadi perdebatan, keberadaan batu Malin Kundang di Pantai Air Manis bagi sebagian orang menjadi bukti nyata kisah tersebut. Bagi mereka, kisah Malin Kundang adalah cerita rakyat yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Itulah kisah lengkap tentang Malin Kundang, seorang anak yang durhaka kepada ibunya mulai dari masa kecilnya, kembalinya Malin ke kampung halaman, dan kutukan Mande Rubayah yang mengubah Malin menjadi batu.

Semoga dari cerita lengkap tentang Malin Kundang tersebut Yupiers dapat mempelajari hal penting dalam hidup, dan terima kasih sudah membaca kisah lengkap Malin Kundang dari Yupi ya!

Home Our Story Events Games Profile