menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Terms & Condition
Did you know ?

Cara Agar Suara Bagus dan Merdu Secara Alami, Gampang Kok!

Suara manusia memang adalah salah satu anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan YME sejak lahir. Sebagian orang mungkin mengira bahwa sura manusia yang indah saat bernyanyi adalah juga termasuk anugrah yang dibawa sejak lahir pada diri seseorang, padahal kenyataanya, suara manusia juga bisa diolah atau dilatih hingga menjadi suara nyanyian yang indah.

Untuk mendapatkan suara nyanyian yang indah, bagus, dan merdu tentunya tidak bisa secara instan atau singkat, perlu latihan rutin dan teratur untuk mendapatkannya. Beberapa diantaranya adalah seperti pemanasan dan latihan vokal, mengetahui teknik pernapasan yang benar, dan masih banyak lagi.

Selain beberapa cara tersebut, bagaimana cara agar suara bagus dan merdu secara alami? Mari simak beberapa tips dari Yupi berikut ini ya!

1. Pemanasan dan Latihan Vokal

Tips memiliki suara yang bagus pertama kali ini adalah dengan rutin melakukan pemanasan dan latihan vokal. Pemanasan akan membantu meningkatkan aliran darah ke pita suara dan otot-otot lainnya yang digunakan dalam bernyanyi atau berbicara. 

Sementara tentunya Yupiers pernah mendengarkan pepatah “Practice makes perfect” atau “Latihan membuat menjadi sempurna”?. Berlatihlah selama 30 menit sehari, namun pastikan sebelumnya sudah melakukan pemanasan terlebih dahulu ya.

Lalu bagaimana cara latihan vokal yang benar dan tepat? Mengutip dari buku “Panduan Membawakan Acara di Sekolah” karya Aprillia Purwaningrum, berikut ini adalah beberapa langkah latihan vokal yang tepat.

  1. Posisikan tubuh dengan nyaman dan rileks, baik dalam posisi duduk bersila atau berdiri. Hindari mengangkat bahu dan pastikan kepala serta punggung tetap tegak, tidak condong ke depan.
  2. Tempatkan telapak tangan di perut untuk merasakan setiap tarikan dan hembusan nafas, guna meningkatkan kesadaran akan pola pernapasan.
  3. Tarik nafas perlahan melalui hidung, kempiskan perut saat melakukannya, dan rasakan aliran udara masuk melalui hidung untuk berhubungan dengan pernapasan diafragma.
  4. Tahan napas selama 15-20 detik, dan usahakan untuk tidak bernafas selama tahapan ini. Fokuskan perhatian pada pengaturan dan sensasi pernapasan dalam.
  5. Hembuskan napas perlahan sambil mengeluarkan bunyi vokal a-i-u-e-o. Gunakan momen ini untuk melibatkan pita suara dengan lembut.
  6. Selama proses menghembuskan napas, cobalah untuk mengeluarkan bunyi “sssssssss” atau “aaaaaa” secara bertahap hingga selesai. Latihan ini bertujuan untuk memperkuat dan melatih otot-otot vokal.
Pemanasan ini sangat penting untuk latihan vokal. Yupiers juga bisa menjadikan lagu anak-anak atau lagu pengantar tidur sebagai pemanasan lho!

2. Teknik Pernapasan yang Benar

Cara agar suara bagus dan merdu yang kedua adalah dengan melatih teknik pernapasan dengan benar. Teknik pernapasan yang umum digunakan dalam berlatih vokal adalah pernapasan diafragma. Dengan memperkuat otot diafragma, paru-paru dapat terisi dengan lebih efisien dan memaksimalkan kapasitas paru-paru untuk menampung udara.

Dengan melakukan teknik pernapasan ini juga, suara yang dihasilkan akan lebih bulat dan penuh, sehingga performa vokal akan lebih baik. 

3. Menjaga Hidrasi Tubuh

Menjaga hidrasi tubuh, terutama pada bagian tenggorokan sangat penting untuk mendapat suara yang bagus dan merdu. Mengutip informasi dari Schoolofrock, air adalah pemberi hidrasi terbaik dan paling mudah untuk dikonsumsi, dan para urutan kedua adalah teh herbal yang tidak terlalu panas.

Dengan banyak minum air, tenggorokan akan lebih lembab sehingga pita suara tidak mudah teriritasi dan rusak.

Minumlah air secara cukup sepanjang hari, sediakan botol ari di dekat kamu saat sedang latihan atau pemanasan vokal, dan jangan berpikir bahwa seteguk atau dua teguk air sudah cukup saat melakukan latihan atau pemanasan vokal ya. Pita suara tentunya akan lebih baik jika terhindari dari kondisi dehidrasi.

4. Berlatih di Tempat Lembab di Dalam Rumah

Tips melatih vokal yang berikut ini mungkin terdengar tidak biasa, namun cocok untuk kamu berlatih vokal selama di rumah, caranya yaitu berlatihlah vokal di tempat yang lembab di dalam rumah. 

Masih mengutip dari Schoolofrock, tempat yang lembab di dalam rumah tentunya akan menghasilkan udara yang lembab juga, dan udara seperti ini baik untuk pita suara. Sementara sebaliknya, udara yang kering dapat membebani pita suara kamu. Cara ini cocok untuk latihan harian vokal kamu selama di rumah.

Latihan ini tentunya sangat penting untuk pengembangan bakat dan minat anak-anak.

5. Pahami Postur Tubuh saat Bernyanyi

Cara yang selanjutnya adalah pahami postur tubuh saat bernyanyi. Kenapa postur tubuh penting? Faktanya, postur tubuh yang tepat selama bernyanyi atau berbicara dapat membantu pita suara agar menghasilkan suara yang lebih baik dan tidak akan mengganggu kinerja diafragma, lalu pada akhirnya akan meningkatkan aliran udara serta memengaruhi kualitas suara kamu.

Postur tubuh yang baik saat bernyanyi adalah dengan tidak membungkukan punggung, berdiri tegak dengan lutut yang tidak terkunci, dan kaki yang dibuka selebar bahu.

6. Hindari Makanan Berminyak dan Pedas

Makanan tentunya akan sangat memengaruhi kinerja pita suara seseorang. Karena hal tersebut, hindarilah makanan berminyak dan pedas yang dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan kamu, memicu radang, dapat mempengaruhi produksi air lendir, membuat tenggorokan menjadi kering dan berpotensi merusak pita suara. Hindari atau batasilah makanan berminyak dan pedas, seperti gorengan atau yang lainnya.

7. Hindari Alkohol dan Zat Berbahaya

Selain menghindari makanan berminyak dan pedas, hindari jugalah alkohol dan zat berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh. Beberapa zat bahaya yang dimaksud kali ini adalah rokok atau vaping

Rokok dapat merusak jaringan pita suara yang dapat berakibat menurunnya kualitas suara seseorang. Lalu, meskipun alkohol tidak secara langsung memiliki efek pada pita suara, alkohol dapat memicu dehidrasi, peradangan pada tenggorokan, dan inflamasi sehingga dapat membahayakan kesehatan vokal seseorang. Selain itu, kandungan gula yang tinggi pada minuman beralkohol juga dapat merusak kesehatan vokal seseorang.

8. Jangan Lupa Istirahat

Segala hal yang berlebihan tentunya tidaklah baik, termasuk salah satunya dalam berlatih vokal. Meski latihan dengan tekun diperlukan, namun kamu juga harus mengistirahatkan vokal kamu juga, karena semakin sering pita suara digunakan, maka akan semakin rentan juga pita suara cedera.

Berilah waktu istirahat yang cukup pada pita suara kamu, hindarilah memaksakan suara kamu, terutama ketika sudah merasa lelah, sehingga dapat mencegah cedera pada pita suara kamu.

Faktor-faktor apa saja yang Mempengaruhi Kualitas Suara?

Selain beberapa cara agar suara bagus dan merdu, kamu juga perlu mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas suara seseorang, berikut ini adalah beberapa faktornya.

1. Faktor Anatomi Tubuh

Faktor yang mempengaruhi kualitas suara seseorang yang pertama dari anatomi tubuh. Pada dasarnya, mengutip informasi dari Mentalfloss, laki-laki memiliki lipatan vokal atau pita suara yang lebih besar dari perempuan, bahkan sebelum hormon laki-laki remaja atau pubertas tiba.

2. Faktor Hormonal

Faktor yang selanjutnya adalah faktor hormonal. Pada umumnya, banyak hal yang berubah pada diri seseorang ketika memasuki masa pubertas, termasuk salah satunya adalah suara. Masih mengutip dari Mentalfloss, hal ini karena pita suara memanjang dan menebal, hal inilah yang menyebabkan nada suara yang berbeda.

3. Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan tentunya juga mempengaruhi kualitas suara seseorang. Mengutip informasi dari Mayo Clinic, beberapa kondisi kesehatan seperti laringitis, polip, nodul, atau kista pada pita suara dapat mengubah kualitas suara. Penyakit kronis seperti Parkinson dan multiple sclerosis juga dapat mempengaruhi suara seseorang.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup seseorang tentunya juga mempengaruhi kualitas suara seseorang. Mengutip informasi dari Cleveland Clinic, beberapa gaya hidup yang buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol bahkan sampai apabila kecanduan narkoba, dapat merusak, paru-paru dan pita suara seseorang.

5. Faktor Psikologis

Masih mengutip informasi dari Cleveland Clinic, beberapa kondisi psikologi seseorang seperti stres, trauma emosional, dapat menyebabkan gangguan suara seseorang.

6. Lingkungan

Lingkungan tentunya juga sangat mempengaruhi kualitas suara seseorang. Apabila kondisi lingkungan banyak polusi, udara kering, dan banyak terpapar bahan kimia, hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada pita suara seseorang.

7. Usia

Faktor yang terakhir adalah usia. Hal ini karena semakin bertambahnya usia seseorang, maka semakin berkurang juga elastisitas pita suara dan menipisnya pita suara seseorang.

Nah, Buat Yupiers yang Mau Menunjukkan Hasil Latihan Suara Kalian, Yuk Tunjukan Kemampuan Vokal Kamu di Yupi Good Talent 2024!

Yupi Good Talent (YGT_Banner)
Berlatih vokal memanglah penting untuk seseorang, namun akan jauh lebih baik jika seseorang mendapatkan pengalaman mengikuti lomba nyanyi bukan? Karena hal tersebut, kini Yupi kembali mengadakan
Yupi Good Talent 2024.

Yupi Good Talent 2024 adalah sebuah ajang untuk menunjukan berbagai bakat, talenta dan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak, termasuk salah satunya adalah bernyanyi. Jadi tunggu apalagi? Mari bergabung dengan Yupi Good Talent 2024 sekarang juga.

Untuk mengetahui skill apa saja yang biasa dilombakan dalam ajang pencarian bakat, baca artikel kami tentang skill yang biasa dilombakan dalam ajang pencarian bakat.

Itulah informasi lengkap tentang bagaimana cara agar suara bagus dan merdu dan berbagai faktor yang mempengaruhi kualitas suara seseorang. Semoga informasi tentang cara agar suara bagus dan merdu dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile