menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

Bakat Numerikal: Pengertian, Ciri, dan Cara Mengembangkannya

Bakat adalah salah satu hal yang membedakan antara seseorang dengan orang lainnya. Bakat juga merupakan suatu kemampuan yang sudah ada pada diri seseorang sejak lahir dan melalui bakat ini, seseorang dapat mempelajari suatu hal dengan lebih cepat dibandingkan orang lainnya.

Terdapat berbagai macam jenis bakat yang bisa pada diri seseorang, dan salah satunya adalah bakat numerikal.

Apa itu bakat numerikal? Kali ini Yupi akan membahas banyak hal tentang bakat numerikal, termasuk ciri-ciri orang yang memilikinya, cara mengetahui bakat numerikal, dan tips mengembangkan bakat numerikal, jadi simak informasi selengkapnya berikut ini ya.

Pengertian Bakat Numerik

Pertama-tama, mari kita mengetahui tentang pengertian bakat numerikal terlebih dahulu. Bakat numerikal secara umum adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang terkait banyak hal yang berkaitan dengan angka, atau matematika, termasuk di dalamnya adalah memahami, menganalisa, dan menggunakan angka dengan mudah serta cepat.

Bakat numerikal juga berkaitan dengan kecakapan seseorang dalam mengolah informasi kuantitatif, pemecahan masalah matematika, dan kemampuan logis yang berkaitan dengan angka-angka.

Orang-orang yang memiliki bakat numerikal, cenderung lebih pintar dan memiliki ketertarikan serta mudah memahami konsep matematika, statistik, pemrograman dan bidang-bidang terkait lainnya.

Selain itu, ada  juga beberapa orang yang ahli yang menjelaskan tentang bakat numerikal, dan berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang apa itu bakat numerikal berdasarkan para ahli.

1. Howard Gardner

Howard Gardner adalah seorang psikolog terkenal, dimana dia mengusulkan teori kecerdasan majemuk yang mencakup berbagai  jenis kecerdasan. Termasuk kecerdasan logis-matematis. 

Menurut Howard Gardner, bakat numerikal adalah salah satu bentuk kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang dalam menyelesaikan masalah matematis 

2. Albert Bandura

Albert Bandura adalah seorang psikolog sosial ternama, Albert Bandura menyoroti tentang pentingnya observasi dan pemodelan dalam perkembangan bakat numerikal. 

Menurut Albert Bandura, seseorang dapat mengasah bakat numerikal mereka dengan mengamati dan mengikuti contoh-contoh yang baik dari orang lain yang memiliki kecakapan matematika yang kuat.

3. Robert Sternberg

Terakhir adalah menurut Robert Sternberg, seorang psikolog dan pakar kecerdasan, mengatakan salah satu aspek kecerdasan dalam bakat numerikal adalah kecerdasan analitik.

Robert Sternberg menekankan pentingnya kemampuan dalam menganalisis, mengurai, dan memecahkan masalah matematika secara efektif dalam bakat numerikal..

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Bakat Numerik

Bakat numerikal sangat identik dengan kemampuan seseorang dalam hal matematik, dan berikut ini adalah ciri-ciri orang yang memiliki minat dan bakat numerikal.

1. Tertarik dengan Angka

Salah satu ciri orang yang memiliki bakat numerikal adalah memiliki ketertarikan yang kuat terhadap angka. Orang-orang ini menemukan kepuasan dalam bekerja dengan angka dan sering kali merasa nyaman dalam mengelola data dan statistik. Mereka cenderung tertarik pada aktivitas yang melibatkan banyak penghitungan dan analisis data.

2. Kemampuan Memecahkan Masalah

Kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dengan menggunakan angka adalah salah satu keunggulan dari orang yang memiliki bakat numerikal. Mereka dapat melewati tantangan dari sudut yang berbeda dan menggunakan angka untuk merumuskan solusi yang efektif terhadap tantangan yang dihadapi.

3. Memahami Pola dan Hubungan

Seseorang dengan bakat numerikal sering kali dapat dengan mudah mengenali pola, baik dalam angka maupun dalam situasi kehidupan nyata. Mereka juga mahir dalam mengidentifikasi hubungan antara angka-angka dan bagaimana perubahan pada satu angka dapat mempengaruhi yang lain.

4. Menikmati Teka-teki atau Games yang Berhubungan dengan Angka

Kesukaan terhadap teka-teki matematika, sudoku, atau permainan strategis yang membutuhkan pemikiran logis adalah hobi umum bagi mereka yang berbakat numerikal. Ini tidak hanya sebagai bentuk hiburan, tetapi juga cara untuk terus mengasah kemampuan analitis mereka.

5. Kemampuan untuk Menerapkan Konsep Matematika

Lebih dari sekedar teori, individu dengan bakat numerikal mampu menerapkan konsep matematika dalam berbagai situasi nyata. Ini termasuk keuangan pribadi, pengaturan bisnis, atau saat menganalisis data ilmiah, menunjukkan fleksibilitas dan praktikalitas dari kemampuan mereka.

Cara Mengetahui Bakat Numerikal

Selanjutnya adalah bagaimana cara kita mengetahui seseorang memiliki bakat numerikal atau tidak. Beberapa cara ini juga bisa digunakan oleh orang tua untuk menentukan jurusan kuliah anak-anak sesuai dengan minat dan bakat mereka, berikut ini adalah beberapa cirinya.

1. Melalui Prestasi Akademik

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui seseorang memiliki bakat numerikal atau tidak, terutama pada anak-anak adalah dengan melihat prestasi akademik mereka. Saat seseorang memiliki nilai prestasi akademik yang baik pada beberapa mata pelajaran yang menjadi indikator bakat numerikal, seperti matematika, maka bisa menjadi tanda bahwa orang tersebut memiliki bakat numerikal.

2. Melalui Observasi

Memperhatikan minat dan bakat seseorang terhadap beberapa hal yang berkaitan dengan bakat numerikal seperti matematik, statistik, atau hal-hal yang berhubungan dengan angka lainnya, dapat menjadi acuan seseorang memiliki bakat numerikal atau tidak.

Jika seseorang terlihat memiliki ketertarikan, semangat, dalam beberapa hal seperti matematika atau hal lainnya yang melibatkan angka, maka bisa juga bisa menjadi tanda seseorang memiliki bakat numerik atau tidak.

3. Uji Psikometri

Cara terakhir mengetahui seseorang memiliki bakat numerikal atau tidak adalah dengan melakukan uji psikometri. Ada beberapa bentuk uji psikometri yang dapat dipakai, seperti uji tes IQ, uji kemampuan matematika, tes psikologi, dan hal lainnya yang dapat membantu mengungkap kemampuan numerikal seseorang.

Tips Mengembangkan Kemampuan Numerik

Selanjutnya adalah beberapa tips untuk mengembangkan kemampuan numerikal seseorang, berikut ini adalah beberapa tips tersebut.

  • Menambahkan angka pada beberapa hal berdasarkan aktivitas sehari-hari, sebagai contoh menambahkan harga pada label harga ketika berbelanja di supermarket.
  • Menyelesaikan permainan teka-teki yang berhubungan dengan angka seperti Sudoku, atau permainan kata atau permainan tantang untuk memecahkan masalah.
  • Membuat informasi tentang keuangan setiap bulannya.
  • Meninjau dan menafsirkan beberapa hal terkait dengan angka, seperti kumpulan data yang kompleks, laporan keuangan, analisa performa berdasarkan suatu alat, dan masih banyak lagi.
  • Ikut serta dalam diskusi yang berkaitan dengan numerik atau angka.

Yuk, Tunjukan Bakat Terbaikmu di Yupi Good Talent 2024!

Bakat numerikal adalah salah satu dari sekian banyak bakat yang terdapat pada diri masing-masing individu manusia, termasuk pada anak-anak.

Mengembangkan minat dan bakat anak-anak menjadi tugas yang sangat penting untuk orang tua, karena hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengikuti perlombaan atau ajang Yupi Good Talent 2024 yang diselenggarakan oleh Yupi.

Yupi Good Talent 2024 adalah ajang pencarian bakat terbaik yang diselenggarakan oleh Yupi. Berbagai macam minat dan bakat dapat mengikuti ajang ini, lalu dari sekian banyaknya minat dan bakat yang ada saat ini, akan terpilih beberapa minat dan bakat terbaik untuk mendapatkan berbagai hadiah yang telah disediakan oleh Yupi.

Mengajak anak-anak untuk mengikuti Yupi Good Talent 2024 bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi mereka, dan menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi anak-anak untuk terus mengembangkan minat dan bakat mereka. Jadi, tunggu apalagi? Segera bergabung dalam ajang Yupi Good Talent 2024 dan biarkan anak-anak menunjukan dan melatih bakat mereka.

Itulah beberapa informasi tentang bakat numerikal kali ini, mulai dari pengertian bakat numerikal, ciri-ciri orang yang memiliki bakat numerikal, cara mengetahui seseorang mempunyai bakat numerikal atau tidak, sampai beberapa tips mengembangkan bakat numerikal.

Semoga informasi tentang bakat numerikal dari Yupi kali ini bermanfaat untuk Yupiers ya.

Home Our Story Events Games Profile