menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

12 Alat Musik Tradisional Beserta Gambar dan Cara Memainkannya

Indonesia adalah negara terkenal dengan berbagai macam kebudayaan, adat dan istiadatnya, termasuk di dalamnya adalah alat musik tradisional Indonesia. 

Berbagai alat musik tradisional Indonesia terkenal karena keunikan dan keindahan suara yang dihasilkannya. Bahkan perlu Yupiers ketahui, ada banyak alat musik tradisional Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Karena hal tersebut, sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia, termasuk di dalamnya adalah berbagai alat musik tradisional.

Namun apakah kamu sudah mengetahui berbagai macam alat musik tradisional Indonesia tersebut? Yuk kita mengenal 12 alat musik tradisional Indonesia berikut ini, simak selengkapnya ya.

1. Kendang

Alat musik tradisional Indonesia yang pertama akan kita bahas adalah kendang. Kendang atau yang dikenal juga dengan nama gendang, adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sunda, dan sudah terkenal sebagai salah satu alat musik yang mengiringi berbagai adat dan tradisi di pulau Jawa.

Kendang atau gendang ini adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Kendang atau gendang ini ternyata juga sering digunakan dalam musik jazz dan kontemporer lho! Selain itu juga, kendang atau gendang ini sudah terkenal di mancanegara, bahkan ada beberapa musisi yang menggunakan kendang atau gendang sebagai alat musik pengiring.

2. Suling

Siapa yang tidak mengenal alat musik tradisional yang satu ini, yaitu suling. Suling adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat, dan sudah terkenal sebagai alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup.

Bentuk maupun ukuran suling cukup beragam, namun umumnya suling terbuat dari bahan bambu yang dipotong dalam ukuran tertentu. Ciri khas dari suling adalah adanya lubang-lubang kecil yang digunakan untuk mengatur nada sesuai dengan yang diinginkan pemainnya. 

3. Angklung

Alat musik tradisional yang selanjutnya adalah angklung. Angklung adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Terbuat dari bambu, angklung ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan atau dimainkan dengan teknik kurulung.

Alat musik tradisional angklung ini sudah mendunia, tidak sedikit turis mancanegara yang datang dan mencoba memainkan alat musik tradisional ini, bahkan perlu kamu ketahui, bahwa angklung sudah diakui sebagai warisan Indonesia oleh UNESCO.

4. Gamelan

Gamelan adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Alat musik tradisional Indonesia ini dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.

Fakta menarik dari alat musik tradisional ini adalah bahwa gamelan juga diajarkan dan masuk ke dalam kurikulum pembelajaran di beberapa sekolah negara Amerika dan New Zealand.

5. Sasando

Salah satu alat musik yang memiliki tampilan menarik atau berbeda dari kebanyakan alat musik lainnya adalah sasando. Sasando merupakan sebuah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari daun lontar dan berasal dari tanah Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sasando adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan kedua tangan. Jumlah senar pada alat musik ini adalah 28 sampai 58 buah. Mengikuti perkembangan zaman, kini sudah ada sasando yang dimainkan dengan menggunakan aliran listrik.

Hal yang membuat sasando ini menarik dan perlu Yupiers ketahui adalah sasando sudah terkenal sejak tahun 2013 semenjak konser WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

6. Kecapi

Alat musik tradisional Indonesia yang berikutnya adalah kecapi, sebuah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Bugis, Sulawesi Barat.

Alat musik tradisional ini termasuk alat musik kordofon karena dimainkan dengan cara dipetik agar menghasilkan nada atau bunyi yang indah dan merdu ketika didengarkan.

7. Tifa

Alat musik tradisional Indonesia ini mungkin belum banyak kamu ketahui, alat musik ini bernama tifa, sebuah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Maluku dan Papua. Tifa adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, lalu tifa memiliki bentuk seperti kendang dengan ukuran yang lebih kecil.

Alat musik yang satu ini juga sering dijadikan oleh-oleh ketika seseorang berwisata ke Maluku atau Papua. Selain itu juga, tifa sering digunakan dalam acara adat, pementasan musik tradisional, sampai pementasan tarian di Maluku dan Papua.

Jika dilihat dengan seksama, sebenarnya tifa antara daerah Maluku dan Papua itu berbeda. Tifa daerah Maluku memiliki bentuk seperti tabung dan tidak diberikan pegangan, sementara tifa daerah Papua dibuat dengan dilengkapi dengan pegangan pada bagian tengahnya.

8. Kolintang

Alat musik tradisional Indonesia yang selanjutnya adalah kolintang, sebuah alat musik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Selain di Indonesia, alat musik kolintang ini juga telah lama dimainkan di berbagai negara melayu lainnya seperti Malaysia dan Filipina.

Cara memainkan kolintang ini adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan tangan atau menggunakan alat bantu. 

Sedikit cerita tentang kolintang, kolintang pertama kali dikembangkan oleh Nelwan katuuk dengan menyusun nadanya berdasarkan susunan nada universal atau tangga nada diatonis. Saat ini, kolintang masih cukup sering digunakan untuk mengiringi berbagai macam lagu, mulai dari pengiring lagu daerah, lagu nasional, sampai lagu-lagu populer.

9. Serune Kalee

Alat musik tradisional bernama serune kalee ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam. Serune kalee adalah alat musik yang terbuat dari bahan kayu, kuningan dan tembaga.

Sekilas, bentuk alat musik bernama serune kalee ini terlihat seperti alat musik tradisional suling, cara memainkan alat musik ini juga sama dengan suling, yaitu dengan cara ditiup dan memainkan berbagai lubang yang ada pada bagian badan alat untuk menghasilkan berbagai nada.

Serune kalee ini biasanya dimainkan pada berbagai acara hiburan termasuk acara penyambutan tamu kehormatan.

10. Gambus

Alat musik tradisional Indonesia yang bernama gambus ini, adalah alat musik tradisional yang berasal dari Riau. Alat musik ini juga sangat kental dengan adat melayu dan nuansa budaya arab.

Gambus ini adalah alat musik tradisional Indonesia yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian senarnya untuk menghasilkan berbagai macam nada.

Seiring dengan berkembangnya zaman, alat musik tradisional ini kini juga digunakan untuk mengiringi berbagai musik hiburan dan acara-acara sosial.

11. Saluang

Alat musik tradisional Indonesia selanjutnya adalah saluang, sebuah alat musik yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Alat musik tradisional ini juga sekilas terlihat seperti suling, cara memainkannya juga sama, yaitu sama-sama ditiup, hanya saja saluang memiliki lebih sedikit lubang nada pada bagian utama alat musiknya. Alat musik tradisional Indonesia ini terbuat dari bambu tipis atau talang.

12. Bonang

Alat musik tradisional Indonesia terakhir yang akan kita bahas adalah bonang, sebuah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Terbuat dari kuningan, alat musik tradisional Indonesia ini dimainkan dengan cara dipukul.

Bonang juga termasuk dalam bagian peralatan gamelan, dan sering digunakan pada berbagai acara-acara besar dalam adat Jawa.

Bagaimana Cara Mudah Belajar Alat Musik?

Setelah mengetahui berbagai alat musik tradisional Indonesia, berikut ini adalah beberapa tips cara mudah belajar alat musik yang bisa kamu coba, berikut ini beberapa tipsnya.

  1. Pilihlah instrumen musik yang kamu sukai, apakah itu alat musik yang dipetik, ditiup, atau dipukul.
  2. Tentukan metode belajar alat musik yang nyaman dilakukan, apakah belajar sendiri atau secara otodidak atau mengikuti sebuah kelas alat musik tertentu.
  3. Jangan lupakan teori, karena dalam berlatih alat musik, biasanya seseorang akan lebih berfokus pada latihan saja, karena hal tersebut jangan lupakan bahwa teori juga penting.
  4. Tekun dalam berlatih alat musik dan jangan cepat menyerah.
  5. Temukan motivasi atau tujuan mempelajari alat musik, agar kamu semakin bersemangat dalam belajar alat musik.

Apa saja Manfaat Mengenali Alat Musik Tradisional dari Indonesia?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendengarkan musik dapat memberikan berbagai manfaat tersendiri. Lalu bagaimana jika memainkan alat musik tradisional? Adakah manfaatnya?

Tentu saja ada, berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

  1. Membantu melestarikan budaya Indonesia.
  2. Memperkuat identitas budaya masing-masing daerah di Indonesia.
  3. Mempertahankan keberagaman kebudayaan di Indonesia.
  4. Menjaga hubungan antara generasi.
  5. Menstimulasi kreativitas dan ekspresi diri.
  6. Membantu keberlanjutan suatu budaya di Indonesia.

Baca Juga: 20 Lagu Pengantar Tidur Untuk Anak Hingga Dewasa, Enak Didengar dan Bikin Pulas

Yupiers Jago Main Alat Musik? Yuk, Tunjukan Kemampuanmu di Yupi Good Talent 2024!

Bisa bermain alat musik tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, tidak hanya untuk diri kita sendiri namun bagi orang tua kita. Karena hal tersebut, kenapa tidak tunjukan bakat dan minat serta kemampuan bermain alat musikmu di ajang Yupi Good Talent 2024?

Dengang mengikuti ajang Yupi Good Talent 2024 ini, akan ada berbagai hadiah yang siap kamu bawa pulang. Selain itu juga, tentunya ajang ini akan menjadi pengalaman berharga dalam kehidupanmu!

Itulah informasi seputar alat musik tradisional Indonesia dari Yupi kali ini. Selain alat musik tradisional, Yupi juga punya berbagai daftar alat musik melodis lho! Dari berbagai alat musik tradisional Indonesia tersebut, alat musik tradisional mana yang ingin segera kamu coba?

Home Our Story Events Games Profile