× Back To Yupiland Registration How to vote Pengumuman Semifinalis 24 Finalis Artikel Gallery FAQ T&C Kode Unik
Artikel YGT
Parenting

APA YANG ORANG TUA LAKUKAN SAAT ANAK MARAH

Yupiers, seringkali orang tua menghadapi anaknya yang sedang marah dan terkadang sebagai orang tua  tidak terlalu paham dan tidak mengerti bagaimana cara menghadapinya. Kemudian menyebabkan anak tambah marah dan bahkan menangis, karena orang tua tidak mengetahui cara meredakan kemarahan si anak.


Yupiers, ada beberapa tips cara menghadapi anak yang sedang marah :


  1. Coba dengarkan keluh kesahnya atau masalah yang sedang dihadapinya. bicaralah dengan lembut, komunikasi dengan baik, tatap matanya penuh dengan kehangatan.

  1. Berilah jawaban kepada anak, sebagai tanda kita mendengarkan keluh kesahnya. Tetapi dengan cara mengeluarkan satu kata kepada anak. Seperti “ Oh iya?.”, 

“ Masa.” atau  “ Jadi begitu.”


  1. Katakan kepada anak tentang perasaan yang dialaminya saat itu. “ Ibu tahu pasti hati kamu lagi gelisah dan kesal dan jengkel ya?.”

  1. Sampaikan kepadanya tentang tingkahnya saat sedang marah. “ Kamu tadi melempar mainanmu ya?.”

  1. Berikan ruang kepada anak untuk mengekspresikan kemarahannya, dengan catatan sampaikan kepada anak jangan sampai merusak mainan atau barang-barang kesayangannya.

  1. Jika sebagai orang tua sedang emosi, sikap kita harus tetap tenang di hadapan anak, dan mencoba mengatakan kepadanya kita perlu waktu untuk sendiri.

 

  1. Dan jika sudah tenang, kita dapat mendatangi anak dan memeluknya sambil memegang tangannya dengan lembut.

  1. Jika rasa marah sudah reda dan berkurang, kita bisa menyelesaikan konflik tersebut bersama-sama.

Yupiers, demikianlah tips - tips menghadapi anak yang marah. Semoga bermanfaat.


Dan seperti Yupi yang kenyalnya selalu bikin hepi, harapannya semoga Yupiers semua selalu bersemangat dan dapat menebarkan hal positif kepada orang lain.

Pantengin terus juga www.yupiland.com/ygt ya! Di mana kamu dapat mengikuti keseruan peserta dalam sebuah wadah ajang pencarian bakat, Yupi’s Got Talent 2022. 

Jangan lupa untuk selalu Yupiness ya!

Artikel lainnya

Parenting

Quote Of The Day . . .

Parenting

Moms Perlu Tahu, Ini M . . .

Parenting

Jangan Dianggap Sepele . . .