menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Yupi Community Terms & Condition
Did you know ?

10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaru 2024, Wajib Nonton!

Film memang menjadi salah satu cara seseorang melepas penat. Tidak kalah dengan berbagai film luar negeri, ada berbagai film Indonesia yang sangat menarik untuk ditonton. 

Dalam beberapa tahun belakangan ini, film Indonesia kembali mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia.

Hal tersebut karena semakin berkembangnya film Indonesia, mulai dari alur cerita, teknologi visual yang ditampilkan, para pemainnya yang dapat memerankan peran mereka dalam film dengan maksimal, dan bahkan ada juga film Indonesia yang memecahkan rekor sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak tahun 2024 ini.

Ada berbagai genre film Indonesia yang menarik untuk ditonton, mulai dari genre action, komedi, horor, adaptasi atau remake, dan masih banyak lagi.

Apa sajakah film Indonesia terbaru 2024 yang menarik untuk ditonton? Tanpa berlama-lama lagi, selamat menikmati 10 rekomendasi film Indonesia tahun 2024 berikut ini ya!

1. Sekawan Limo

Sekawan Limo 
Sumber: Sekawan Limo Official Trailer on Starvision Plus (YouTube)

Film "Sekawan Limo" mengisahkan lima pendaki yang tersesat saat mendaki gunung, namun hanya empat dari mereka yang manusia, sementara yang lainnya adalah makhluk gaib yang mengganggu perjalanan mereka. Melalui trailer resmi yang dirilis di YouTube Starvision, terlihat bahwa Bagas (diperankan oleh Bayu Skak) dan Dyny (diperankan oleh Keisya Levronka) berencana mendaki Gunung Madyopuro. 

Mereka mendapatkan nasihat dari pos penjaga untuk mematuhi aturan-aturan tidak tertulis selama pendakian, salah satunya adalah tidak menoleh ke belakang. Dalam perjalanan, mereka bertemu tiga pendaki lain yang menjadi teman selama pendakian. 

Namun, keanehan mulai muncul dan mereka diganggu oleh makhluk tak kasat mata saat berkemah. Selain itu, mereka tersesat karena melanggar mitos yang dipercaya masyarakat setempat dan menyadari bahwa salah satu dari mereka bukanlah manusia. Penasaran dengan akhir cerita dari film horor komedi ini? Saksikan kelanjutannya di bioskop pada 4 Juli mendatang.

  • Genre Film: Komedi, Horor
  • Durasi Film: 1 jam 40 menit
  • Pemain Film: Bayu Skak, Nadya Arina, Keisya Levronka, Dono Pradana, Benidictus Siregar, Indra Pramujito

2. Harta Tahta Raisa

Harta Tahta Raisa 
Sumber: Harta Tahta Raisa Official Trailer

Siapa yang tidak mengenal Raisa, sosok penyanyi wanita yang terkenal dengan suaranya yang indah dan sudah melakukan konser tunggalnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kini membuat film dokumenter tentang perjalanan hidupnya dimulai sejak kecil hingga kini.

Melalui film Harta Tahta Raisa ini, kita bisa mengetahui Raisa dari berbagai sisi, bukan hanya sebagai seorang penyanyi, melainkan juga sebagai seorang anak, istri, ibu dan pengusaha.

  • Genre Film: Dokumenter
  • Durasi Film: 1 jam 46 menit
  • Pemain Film: Raisa, Alian N. Rachman, Ria Mariaty, Adryanto Pratono

3. Agak Laen

Agak Laen 
Sumber: Agak Laen Official (YouTube)

Agak Laen merupakan film komedi yang tayang pada awal tahun 2024 dan sangat sukses ditonton banyak orang, bahkan jumlah penonton film Agak Laen tercatat sebanyak 9.125.188 dalam waktu 98 hari tayang saja, jumlah tersebut membuat film Agak Laen berada pada urutan kedua film dengan jumlah penonton paling banyak di Indonesia.

Film dengan genre komedi horor ini bercerita tentang empat sahabat yang menjalankan usaha rumah hantu di sebuah pasar malam. Berbagai cara mereka lakukan untuk mempertahankan usaha mereka tersebut, seiring berjalannya cerita, ada berbagai kejadian menarik yang seru untuk disaksikan. Film Agak Laen ini kini juga sudah di hadir platform tv berlangganan yaitu Netflix.

  • Genre Film: Komedi, Horor
  • Durasi Film: 1 jam 56 menit
  • Pemain Film: Bene Dion Rajagukguk, Boris Bokir, Indra Jegel, Oki Rengga, Tissa Biani Azzahra, Arie Kriting, Sadana Agung Sulistya, Bukie B. Mansyur, Mamat Alkatiri, Praz Teguh, Arief Didu, Indah Permatasari, Aci Resti, dan Anggi Marito.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Film Netflix Dengan Rating Tertinggi di 2023

4. Paku Tanah Jawa

Paku Tanah Jawa 
Sumber: Official Trailer on Cinépolis Indonesia (YouTube)

Film Paku Tanah Jawa bercerita mengambil dari cerita rakyat Gunung Tidar, Jawa Tengah tentang pesugihan. Film ini bercerita tentang seorang sinden yang bernama Handini yang mencari pesugihan dan akibatnya banyak korban pria sebagai tumbalnya.

Akibat dari hal yang dilakukan oleh Handini ini, anaknya yang bernama Ningrum sering menjadi bulan-bulanan atau dibenci masyarakat. Hidup Ningrum semakin tidak tenang setelah sang kekasih Jalu akan menjadi tumbal dari ibunya. 

  • Genre Film: Horor
  • Durasi Film: 1 jam 40 menit
  • Pemain Film: Masayu Anastasia, Gisellma Firmansyah, Wafda Saifan, Badriyah Afiff, Pritt Timothy, Rendra Bagus Pamungkas, Landung Simatupang, Mk K-clique, Wanda Hamidah, Ismi Melinda, Beddu, Hasif Upin.

5. Ipar Adalah Maut

Ipar Adalah Maut 
Sumber: MD Pictures Official Cover

Film Ipar Adalah Maut adalah film adaptasi dari TikTok karya Eliza Sifaa yang diangkat dari kisah nyata yang menceritakan kehidupan rumah tangga Aris dan Nisya yang semula harmonis berubah berantakan.

Hal tersebut berawal dari kedatangan Rani yang merupakan adik Nisya ke kehidupan mereka karena ingin tinggal bersama. Aris yang semula merupakan pria yang baik, berubah karena berselingkuh dengan Rani, adik iparnya sendiri.

  • Genre Film: Drama
  • Durasi Film: 2 jam 11 menit
  • Pemain Film: Michelle Ziudith, Deva Mahenra, Davina Karamoy, Devina Aureel, Asri Welas, Dewi Irawan, Alesha Fadillah Kurniawan.

6. Marni: The Story of Wewe Gombel

Marni The Story of Wewe Gombel 
Sumber: Official Trailer on Cinema 21 (YouTube)

Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri dari seorang Ibu dengan dua orang anaknya yang pindah ke sebuah desa terpencil yang juga mempunyai legenda lokal yang menyeramkan. Sang kakak yang bernama Anisa selalu berusaha melindungi adiknya, Aan agar tidak diganggu makhluk halus yang suka menculik anak-anak pada waktu maghrib.

Namun sayangnya, Aan suatu hari menghilang dan ditemukan dengan kondisi yang berbeda. Sejak saat tersebut, semua hal berubah dalam kehidupan keluarga ini.

  • Genre Film: Horor
  • Durasi Film: 1 jam 59 menit
  • Pemain Film: Amanda Rigby, Hannah Al Rashid, Ismi Melinda, Attar Barakbah, Mathias Muchus, Frislly Herlind, Totos Rastiti, Ruth Marini, Reza Hilman, Roy Marten, Shareefa Daanish, Djaenar Maesa Ayu

7. Do You See What I See

Do You See What I See 
Sumber: MD Pictures on YouTube

Film ini bercerita tentang Mawar, seorang gadis yang telah kehilangan kedua orang tuanya dan sering merasa kesepian. Mawar memiliki sahabat yang bernama Vey. Pada hari ulang tahunnya, Mawar berharap menemukan seorang pria yang bisa menghilangkan rasa kesepiannya.

Harapannya Mawar terkabul, Mawar bertemu dengan seorang pria yang bernama Restu. Namun sejak pertemuan pertama mereka, banyak kejadian misterius yang terjadi dan mengganggu Mawar dan Vey. Kejadian misterius itu membuat Vey mengetahui bahwa Restu bukanlah seorang manusia.

  • Genre Film: Horor
  • Durasi Film: 1 jam 49 menit
  • Pemain Film: Shenina Cinnamon, Diandra Agatha, Sonia Alyssa, Noval Tubagus, Ratu Rafa, Sarah Felicia, Jessica Shaina, Yesaya Abraham

8. Dilan 1983 WO AI NI

Dilan 1983 WO AI NI 
Sumber: CGV Kreasi  on YouTube

Rekomendasi film Indonesia selanjutnya adalah film dengan judul Dilan 1983 WO AI NI. Film ini menceritakan Dilan yang masih SD dan kembali ke Bandung setelah sebelumnya tinggal di Timor Leste selama 1,5 tahun.

Ketika Dilan kembali ke Bandung, ada salah satu murid pindahan dan berkenalan dengannya, namanya adalah Mei Lien. Dilan kemudian tertarik dengan Mei Lien dan terlibat cinta monyet ala anak-anak. 

  • Genre Film: Drama
  • Durasi Film: 1 Jam 59 Menit
  • Pemain Film: Muhammad Adhiyat, Malea Emma Tjandrawidjaja, Adzana Ashel, Ferdinand Adriansyah, Quentin Stanislavski Kusnandar, Sultan Hamonangan, Bucek, Graciella Abigail, ira Wibowo, Keanu Azka.

9. Saat Menghadap Tuhan

Saat Menghadap Tuhan 
Sumber: Official Trailer on Cinema 21 (YouTube)

Saat Menghadap Tuhan adalah film Indonesia yang menceritakan tentang kisah Damar, yang melalui masa remaja dengan dihantui masa lalu yang kelam tentang kasus pembunuhan yang terjadi saat dirinya masih berusia 10 tahun.

Setelah sekian lama berlalu, Damar kembali menghadapi masalah yang cukup sulit. Masalah tersebut adalah karena kedua sahabatnya, Nala dan Gito terlibat masalah yang rumit. Nala merupakan korban pelecehan seksual dan Gito merupakan korban merupakan korban bullying.

  • Genre Film: Drama
  • Durasi Film: 2 Jam 5 Menit
  • Pemain Film: Muhammad Adhiyat, Malea Emma Tjandrawidjaja, Adzana Ashel, Ferdinand Adriansyah, Quentin Stanislavski Kusnandar, Sultan Hamonangan, Bucek, Graciella Abigail, Ira Wibowo, Keanu Azka.

10. Malam Pencabut Nyawa

Malam Pencabut Nyawa 
Sumber: HO-Base Entertainment

Rekomendasi film Indonesia yang terakhir adalah film indonesia dengan judul Malam Pencabut Nyawa. Film ini bercerita tentang seorang pelajar SMA yang bernama Respati yang mengalami teror melalui mimpi tentang pembunuhan yang dilakukan seorang wanita misterius dan kemudian Damar mengetahui bahwa pembunuhan tersebut benar-benar terjadi di dunia nyata.

Bersama dengan teman sekelasnya yang baru pindah, Wulan, Damar terus mengalami hal-hal mistis. Kemudian muncul tokoh lainnya yang bernama Respati, yang mengetahui bahwa dirinya bisa masuk ke alam mimpi. Dengan nyawa orang-orang yang menjadi taruhannya, Respati harus menyelesaikan misteri ini dan berhadapan dengan teror yang ada di alam mimpi untuk menghentikan serangkaian kematian.

  • Genre Film: Horor
  • Durasi Film: 1 jam 52 menit
  • Pemain Film: Devano Danendra, Keisya Levronka, Mikha Hernan, Ratu Felisha, Budi Ros, Fajar Nugra, Kiki Narendra.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Yuk Tonton

Apa Rekomendasi Platform Streaming yang Aman?

Setelah mengetahui berbagai rekomendasi film Indonesia, kini menyaksikan berbagai film Indonesia lainnya juga bisa dilakukan melalui platform streaming berlangganan, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

  • Netflix
  • Disney+ Hotstar
  • WeTV
  • Viu
  • Iflix
  • GoPlay
  • CATCHPLAY+
  • Mola TV

Itulah beberapa rekomendasi film Indonesia dari Yupi kali ini, dari berbagai rekomendasi film tersebut, mana yang ingin segera Yupiers tonton? Jangan lupa cek rekomendasi film action dan film Marvel pilihan kami juga ya!

Home Our Story Events Games Profile