menu
logo mobile
sound
Yupi Good Talent Yupi Surprise Yupiland Store Meet Your Heroes Collaborations Yupi Diary What's Happening Our Story Cool Pics Here Say Hi! FAQ It's Game Time Terms & Condition
Did you know ?

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Yang Kreatif dan Menyenangkan

Asupan makanan yang cukup dan bergizi sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi yang tepat tidak hanya mendukung pertumbuhan fisik, seperti tinggi badan dan berat badan yang optimal, tetapi juga berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem kekebalan tubuh anak. Makanan yang kaya akan vitamin, mineral, protein, dan lemak sehat membantu memastikan bahwa anak-anak dapat berkembang dengan baik, baik secara fisik maupun mental.

Namun, beberapa anak mungkin mengalami masalah dengan nafsu makan mereka, yang dapat mengganggu proses ini. Terkadang, anak-anak menunjukkan penurunan minat terhadap makanan, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik fisik maupun psikologis. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara kreatif untuk meningkatkan nafsu makan anak, mulai dari melibatkan mereka dalam proses memasak hingga memperhatikan asupan nutrisi penting seperti zinc. Dengan strategi yang tepat, diharapkan anak-anak dapat kembali menikmati makanan mereka dan mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

1. Libatkan Anak dalam Proses Memasak

Percaya atau tidak, dengan melibatkan anak ke dalam kegiatan memasak dan menyiapkan makanannya bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Nantinya, mereka akan memiliki rasa berkontribusi dalam menyiapkan makanan, sehingga cenderung lebih antusias dalam mencicipi hasil masakannya. 

Menurut ahli nutrisi, keterlibatan dalam mengenalkan berbagai jenis makanan, bahan masakan, dan cara menggunakan alat masak bisa memperluas preferensi makanan mereka. Agar semakin asyik dan juga aman, Yupiers bisa menyediakan alat masak khusus untuk  anak. 

Biasanya, alat masak tersebut sudah dirancang khusus keamanannya. Alat-alat masak tersebut bisa didapatkan dengan mudah di berbagai e-commerce.

2. Buat Tampilan Makanan Lebih Menarik

Tak jarang anak-anak menyukai penampilan makanan alih-alih soal rasa. Untuk itu, cobalah untuk membuat makanan lebih menarik. Misalnya saja membuat mi pelangi yang bahan pewarnanya dari buah naga atau sayur bayam. Selain itu, buat menjadi bento lucu dan bagi ke dalam porsi-porsi kecil agar anak lebih semangat untuk makan. 

Psikolog klinis anak umumnya akan menyarankan hal ini karena visual yang menarik bisa meningkatkan selera makan pada anak. Selain membentuk potongan sayur dan buah lucu-lucu, yupiers bisa menyusun bento kreatif. Banyak inspirasi tersedia di TikTok, Instagram, maupun Pinterest dan Yupiers bisa sontek inspirasinya di sana dengan mudah.

Membuat tampilan makanan yang menarik ini akan sangat berguna untuk bekal makan siang anak-anak, karena pasti mereka pasti suka untuk membawanya.

3. Buat Variasi Menu Makan

Kalau anak enggan makan, mungkin saja karena bosan dengan menu yang itu-itu saja. Oleh karena itu, cobalah untuk meningkatkan nafsu makan anak dengan membuat variasi menu makanan. Melalui tips mengatasi anak susah makan ini, Yupiers juga bisa mengenalkan makanan baru secara perlahan. Dengan begini, anak akan lebih terbuka soal makanan dan meningkatkan nafsu makan mereka. Jika perlu, Yupiers juga bisa membuat jadwal makan dan selalu rotasi menu agar si kecil lebih semangat makan.

4. Pancing dengan Aroma Masakan

Tak hanya orang dewasa, cara memancing nafsu makan anak juga bisa dengan aroma masakan yang mengggugah selera. Penelitian menunjukkan bahwa wangi masakan yang lezat dapat meningkatkan produktivitas air liur, yang mana hal ini akan merangsang keinginan untuk makan. Maka, cobalah untuk memasak dengan bumbu aromatik untuk menarik perhatian anak.  Kalian bisa menambahkan bumbu seperti bawang-bawangan, chinese five spices, atau aromatik lainnya.

5. Siapkan Makanan Favoritnya

Menyediakan makanan favorit anak bisa menjadi salah satu cara menambah nafsu makan anak yang kreatif. Ahli gizi akan menyarankan agar makanan favoritnya disajikan dalam porsi yang seimbang. Selain itu, Yupiers juga bisa mengenalkan berbagai buah dan dipotong dengan cetakan bentuk lucu sebagai pendamping dan menambah asupan gizi si kecil.

6. Memerhatikan Asupan Zinc

Zinc adalah mineral penting yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan pada anak. Dilansir jurnal National Library of Medicine berjudul "Effects of zinc supplementation on subscales of anorexia in children: A randomized controlled trial," zinc dikatakan dapat meningkatkan nafsu makan anak usia 2-6 tahun dengan memengaruhi beberapa subskala seperti Emotional Over Eating (EOE) dan Food Responsiveness (FR). Pastikan asupan zinc dalam diet anak cukup melalui makanan seperti daging merah, kacang-kacangan, dan produk olahan susu di samping berbagai camilan sehat lainnya.

Apa Saja Penyebab Anak Tidak Nafsu Makan?

Anak yang kehilangan nafsu makan bisa disebabkan oleh macam-macam faktor. Salah satu penyebab paling umum adalah adanya perubahan fisik, seperti tumbuh gigi, demam, sariawan, atau radang tenggorokan yang membuat anak merasa tidak nyaman saat makan. Selain itu, ada juga faktor pencernaan yang sembelit atau kembung. Hal tersebut juga dapat memengaruhi nafsu makan mereka karena perut terasa penuh dan kembung.

Di samping faktor fisik, masalah psikologis juga memiliki peran dalam tingkat nafsu makan anak. Bila anak mengalami stres, memiliki gangguan kecemasan, atau mengalami perubahan lingkungan bisa menyebabkan anak enggan makan. Selain itu, kebiasaan makan yang tidak teratur atau paksaan untuk makan juga bisa membuat anak kehilangan nafsu makan. Jika penyebab dari hilangnya nafsu makan anak tidak diketahui, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter.

Apa yang Terjadi jika Anak Tidak Mau Makan?

Jika anak tidak mau makan dalam jangka panjang, hal ini dapat mengakibatkan anak kekurangan gizi. Hal ini patut mendapat perhatian khusus karena anak membutuhkan gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain itu, kekurangan gizi dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lain, seperti berat badan tidak optimal, imunitas yang menurun, dan rentan terhadap infeksi.

Di samping itu, anak tidak mau makan akan memengaruhi perkembangan kognitif dan emosional anak. Anak akan menjadi susah fokus, kehilangan kemampuan belajar, suasana hati pun juga turut terganggu. Akhirnya, prestasi akademik sekaligus interaksi sosial juga bisa menurun. Tentu saja hal ini akan merugikan anak bila dibiarkan.

Cara menambah nafsu makan anak merupakan hal yang cukup menantang, apalagi kalau berlangsung lama. Namun, mencoba berbagai tips di atas agar si kecil mau makan juga bisa dicoba. Ayo, aplikasian berbagai kiat kreatif demi menjaga gizi seimbang anak dan menambah nafsu makan mereka!

Camilan Seru untuk Menambah Keseruan Makan: Yupi Dip It Dip Strawberry Sauce!

Yupi Dip It Dip Strawberry Sauce

Saat berusaha meningkatkan nafsu makan anak, jangan lupa untuk menyediakan camilan yang seru dan menarik. Yupi Dip It Dip Strawberry Sauce bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat waktu ngemil si kecil semakin menyenangkan!

Yupi Dip It Dip Strawberry Sauce adalah permen gummy berbentuk kentang goreng yang unik, lengkap dengan saus stroberi yang manis dan segar. Dibuat dari jus buah asli dan bebas gluten, camilan ini tidak hanya lezat tetapi juga sehat untuk dinikmati oleh semua usia. Selain itu, Yupi Dip It Dip telah bersertifikat halal, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dengan Yupi Dip It Dip, anak-anak dapat menikmati camilan yang seru dan menyenangkan sambil tetap mendapatkan asupan gizi yang bermanfaat. Pastikan Yupi Dip It Dip selalu ada di rumah untuk menambah keseruan momen makan si kecil!

Home Our Story Events Games Profile